Bagi Penyuka Algoritma, Berikut Ini Penjelasan Singkat Mengenai Sejarah Dan Jenis-Jenis Algoritma


Pengertian algoritma atau algoritme berasal dari kata algoritmi, dan ini ditemukan pertama kali oleh Al-Khwarizmi atau Abu Abdullah Muhammad Ibnu Musa Al-Khwarizmi seorang matematikawan, astronomi, serta ahli geografi Persia.

Secara singkatnya, algoritma ialah susunan sistematis dan logis yang dipergunakan dalam rangka memecahkan suatu masalah tertentu.

Pengertian Algoritma Menurut Para Ahli

Berikut ini pengertian algoritma menurut para ahli dan pakar matematika:

  1. Abu Jafar Muhammad Ibnu Musa Al khwarizmi. Al Khwarizmi berpendapat bahwa Algoritma adalah suatu metode khusus yang dipergunakan untuk memecahkan suatu permasalahan tertentu.
  2. Donald E. Knuth. Menurut pakar matematika Donald E. Knuth algoritma adalah kumpulan aturan-aturan berhingga yang memberi deretan operasi untuk menyelesaikan suatu jenis masalah tertentu. 
  3. Goodman Hedet Niemi berpendapat bahwa algoritma merupakan suatu urutan yang terbatas dari operasi-operasi yang terdefinisikan dengan baik, yang masing-masing memerlukan memori dan waktu yang cukup terbatas guna menyelesaikan suatu masalah.
  4. Seymour Lipschutz, Ph.D dan Marc Lipson, Ph.D. Menurut Seymour pengertian algoritma adalah suatu kumpulan daftar prosedur yant tersusun yang terhingga dari perintah-perintah yang terdefinisikan dengan jelas yang dipakai untuk menyelesaikan permasalahan.
  5. Andrey Andreyevich Markov. Menurut Andrey, algoritma merupakan hal umum guna dipahami sebagai suatu keputusan yang benar untuk mendefinisikan proses komputasi yang mengarahkan dari data awal hingga hasil akhir yang diinginkan
  6. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia). Menurut KBBI pengertian algoritma ialah suatu prosedur yang secara sistematis berguna untuk memecahkan masalah matematis dalam langkah-langkah yang terbatas.

Sejarah Algoritma

Kata algoritma pada mulanya berasal dari nama seorang ahli matematika asal Uzbekistan Al Khwarizmi yang hidup pada abad ke-9. Al Khwarizmi menuliskan istilah pada buku yang ditulisnya dengan memakai bahasa latin “Algorithmi de numero Indorum”.

Buku tersebut di tulisnya sekitar adab ke 12. Pada mulanya kata algoritma merupakan istilah yang berhubungan pada aturan-aturan aritmetis dalam rangka menyelesaikan permasalahan dengan memanfaatkan bilangan numerik arab.

Pada abad ke-18, istilah algoritma mulai berkembang lebih luas yang mencakup seluruh prosedur atau langkah-langkah yang secara berurutan dipergunakan untuk menyelesaikan suatu masalah. Masalah biasanya akan muncul ketika akan menuangkan bagaimana proses yang harus dijalani dalam sebuah sistem atau program pada komputer sehingga pada saat proses eksekusi, komputer dapat bekerja dengan maksimal.

Jenis-jenis Algoritma

Berikut ini jenis-jenis algoritma:

  • Pseudo Code

Pseudo-code merupakan tanda atau kode yang hampir sama (pseudo) atau merupakan penjabaran mengenai suatu prosedur untuk menyelesaikan masalah. Pseudo-code ini biasanya digunakan oleh programmer untuk menuliskan algoritma dari persoalan muncul. Pseudo-code ini berisi prosedur atau langkah-langkah yang harus dilakukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan yang muncul.

Bahasa yang digunakan pada Pseudo-code ini hampir menyerupai bahasa pemrograman dengan kelebihan mudah dipahami dan lebih ringkas. Pseudo-code ini cukup efisien untuk menggambarkan algoritma karena bisa menggunakan bahasa Indonesia agar bisa dimengerti oleh orang awam.

  • Flowchart

Flowchart ialah suatu bentuk gambar atau diagram yang mempunyai aliran satu atau dua arah yang bekerjasama secara berkesinambungan atau sekuensial. Flowcahart ini mempunyai fungsi utama yaitu untuk menggambarkan sebuah desain program dan berguna untuk mempresentasikan sistem yang kita buat berdasarkan pola pikir yang kita miliki.

Sistem flowchart tidak dipergunakan untuk menggambarkan langkah-langkah memecahkan masalah namun hanya untuk menggambarkan prosedur dari program yang dibuat. Kelebihan flowchart ini yaitu lebih ringkas dan sederhana sehingga akan mudah dimengerti bagi yang membacanya.

  • Dynamic Programming

Dynamic programming sesuai digunakan untuk memecahkan masalah yang mengadung sub struktur yang optimal dan permasalahan yang tumpang tindih. Dengan kata lain, dynamic programming ini membagi masalah menjadi sub-sub masalah sehingga mudah untuk di pecahkan.

  • Metode Serakah

Metode serakah hampir mirip dengan dynamic programming. Perbedaan keduanya terletak dari jawaban sub masalah yang tidak perlu diketahui setiap tahap penyelesaiannya.

  • Devide and Conquer

Devide and Conquer membagi permasalahan besar menjadi permasalahan lebih kecil. Pembagian ini dilakukan secara terus menerus sehingga ditemukan permasalahan terkecil yang paling mudah untuk diselesaikan.

https://www.gurupendidikan.co.id

0 Replies to “Bagi Penyuka Algoritma, Berikut Ini Penjelasan Singkat Mengenai Sejarah Dan Jenis-Jenis Algoritma”

  1. Economic news this week – Video
    UK economic growth hits six-month low – BBC News Economic news this week UK economic growth hits six-month low Share this with These are external links and will open in a new window These are external links and will open in a new window Close share panel Growth in the UK’s economy slowed in the three months to November, expanding at its weakest pace in six months. The economy grew by 0.3% during the period, less than the 0.4% in the three months to October, the Office for National Statistics (ONS) said. The ONS said manufacturers suffered their longest period …
    The post Economic news this week – Video appeared first on Credit & loan.

    Dallas Business

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *