Beginilah Finishing Kusen Yang Tepat Menggunakan Cat Kayu Anti Rayap

Kusen membutuhkan perlindungan terhadap serangan serangga. Finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap untuk bisa membantu mengamankan kusen dari serangan serangga seperti rayap.

Kusen merupakan elemen penting rumah yang sangat perlu diperhatikan sejak proses pembuatannya. Karena fungsi kusen yang sangat penting dalam konstruksi rumah, sangat penting untuk memastikan kusen dibuat dari bahan kayu yang bagus dan dilakukan treatment pengawetan serta proses finishing yang benar. Salah melakukan treatment dan salah memilih bahan finishing bisa berakibat fatal terhadap kekuatan dan estetika kusen.

Salah satu bahan finishing yang tepat untuk kusen adalah menggunakan cat kayu yang ada kandungan anti serangganya. Cat jenis ini akan membantu melindungi kusen dari serangan serangga seperti rayap maupun thothor atau teter (bubuk kayu). Jadi, memilih cat kayu untuk finishing kusen dan cara plitur kusen yang benar sangat penting. Pilihlah yang mampu memberi perlindungan ekstra tanpa melupakan bagusnya hasil tampilan akhir (estetikanya).

Mengapa Kusen Perlu Cat kayu Anti Rayap?

Jika Anda menemukan kasus kusen yang sudah digerogoti oleh rayap maka Anda harus segera mengambil tindakan. Banyak alasan mengapa kusen rumah Anda dihinggapi rayap seperti jenis kayu yang terlalu lunak seperti kayu pinus. Untuk mendeteksi apakah kusen kayu di rumah Anda sudah terhinggapi oleh rayap, cermati ciri-cirinya berikut ini:

  1. Munculnya serbuk kayu di lantai. Gejala ini sangat mudah Anda cermati karena lantai Anda pasti akan kotor akan serbuk kayu dari rayap yang telah menggerogoti kayun kusen.
  2. Munculnya retakan antara kusen dan juga tembok. Anda bisa mencermati apakah muncul retakan pada cat dan juga tembok dari kusen. Jika ada maka Anda harus waspada rayap sudah ada di dalam kusen rumah Anda.
  3. Munculnya rayap dari tanah atau lantai yang menjulang tinggi dan merayap di dinding kusen. Ini adalah rayap tanah yang mulai menggerogoti kusen kayu dari tanah, walaupun Anda menyapu berulangkali rayap akan tetap memulai aksinya lagi.
  4. Muncul suara gemrisik pada bagian bawah kusen. Jika sudah muncul suara tersebut maka rayap yang menggerogoti sudah sangat banyak dibandingkan dengan ciri yang lainnya. Bahkan jika dibiarkan terus menerus kusen rumah bisa saja ambruk.

Ciri-ciri adanya rayap pada kusen atau semua jenis kayu di rumah tersebut tidak bisa dibiarkan saja. Anda harus waspada dan juga mengantisipasi dari awal. Inilah alasan utama mengapa Anda perlu melakukan finishing kusen menggunakan cat kayu anti rayap. Karena jenis cat yang Anda gunakan untuk finishing kusen akan menentukan lifetime kusen di rumah Anda.

Kusen Tahan Lama Dengan Cat Kayu Anti Rayap

Munculnya rayap bukan karena sebab. Ada beberapa hal yang memicu timbulnya rayap pada kusen kayu . Jenis kayu dengan kualitas rendah biasanya disukai oleh rayap. Selain itu, tidak dilakukannya proses pencegahan dengan aplikasi obat anti rayap sebelum proses pembuatan kusen juga menjadi pemicu.

Dua hal ini seringkali menarik perhatian rayap dan kemudian menggerogoti kayu. Selain itu juga kayu adalah sumber makanan dari rayap dan tempat tinggal. Rayap akan membentuk koloni dan tinggal di dalam kayu sambil menghabiskan material kayu dari dalam.

Ada antisipasi yang dengan mudah bisa Anda lakukan sejak awal yaitu dengan memberikan cat yang menawarkan perlindungan ekstra, seperti cat kayu anti rayap. Tetapi perlindungan tersebut akan memberikan perlindungan dari bagian luar kayu. Anda juga membutuhkan perlindungan dari dalam kayu yaitu dengan obat anti rayap.

Pemberian perlindungan dari dalam ini bisa Anda lakukan sebelum proses finishing dilakukan sehingga bahan bisa meresap ke dalam kayu. Semoga bermanfaat.

Sumber : Jasa Pembasmi Rayap

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *